PTK Kenaikan Pangkat - Contoh PTK SD IPA Metode Demonstrasi Bab V untuk Kenaikan Pangkat - Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Perpindahan Energi Panas melalui
Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV SD Negeri ............
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh pada siklus I, II, dan III dapat ditarik temuan sebagai berikut:
1. Penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA tentang “Perpindahan Energi Panas” mampu meningkatkan kesungguhan belajar siswa.
2. Penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA tentang “Perpindahan Energi Panas” mampu meningkatkan kerjasama siswa.
3. Penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA mampu meningkatkan keaktifan siswa tentang “Perpindahan Energi Panas”.
Dari temuan-temuan tersebut di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang “Perpindahan Energi Panas” pada siswa kelas IV SD Negeri ............ Semester II Tahun Pelajaran .............
B. Saran dan Tindak Lanjut
1. Saran untuk Guru
a. Agar kinerja dalam proses pembelajaran yang dikelola lebih baik maka guru harus dapat menguasai materi pelajaran dan memvariasi metode serta model pembelajaran.
b. Agar guru percaya diri maka guru harus lebih mempersiapkan program dan rencana pembelajaran.
c. Agar guru memiliki wawasan terutama dalam hal mengajar maka guru harus selalu mengadakan tukar pikiran dengan teman seprofesinya.
d. Agar pembelajaran lebih berkualitas maka kinerja guru lebih ditingkatkan.
2. Saran untuk Siswa
a. Agar kesungguhan siswa dalam belajar meningkat, maka siswa harus selalu diberi motivasi.
b. Agar kerjasama belajar siswa meningkat, maka siswa harus selalu belajar kelompok.
c. Agar keaktifan belajar siswa meningkat, maka siswa lebih dilibatkan dalam proses pembelajaran baik secara individu maupun klasikal.
d. Agar hasil belajar siswa meningkat, maka kesungguhan belajar, kerjasama, dan keaktifan dalam belajar harus ditingkatkan.
3. Saran Untuk Sekolah
a. Agar sumber daya manusia meningkat, dan citra sekolah menjadi lebih baik, maka kinerja guru harus lebih diperbaiki dan ditingkatkan.
b. Agar mutu pendidikan dapat meningkat sehingga masyarakat lebih percaya, maka prestasi belajar siswa lebih ditingkatkan.
c. Agar dapat menjadi tauladan bagi sekolah lain, maka sekolah harus lebih meningkatkan mutu pendidikan.
4. Saran untuk penelitian lebih lanjut
Munculnya variabel ekstra yang tidak terkontrol mumgkin berpengaruh terhadap validitas hasil, yakni:
a. Keberhasilan yang dicapai dapat saja bukan hanya didapat dari intervensi yang dilakukan, tetapi mungkin karena adanya proses pembelajaran yang diulang-ulang dari siklus ke siklus. Seyogyanya kontribusi dari variabel ekstra ini dapat diminimalkan.
b. Dalam menilai tentang peran intervensi yang dilakukan terhadap kemudahan siswa dalam memahami materi, hanya dilakukan berdasarkan sampel, sebaiknya seluruh siswa diminta komentar dan pendapatnya.
c. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini masih merupakan instrument yang tingkat validasinya belum memuaskan. Penelitian berikutnya dapat mencoba dengan lebih standar.
Selanjutnya daftar pustaka: Contoh Daftar Pustaka PTK IPA SD Metode Demonstrasi Kenaikan Pangkat
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh pada siklus I, II, dan III dapat ditarik temuan sebagai berikut:
1. Penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA tentang “Perpindahan Energi Panas” mampu meningkatkan kesungguhan belajar siswa.
2. Penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA tentang “Perpindahan Energi Panas” mampu meningkatkan kerjasama siswa.
3. Penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA mampu meningkatkan keaktifan siswa tentang “Perpindahan Energi Panas”.
Dari temuan-temuan tersebut di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang “Perpindahan Energi Panas” pada siswa kelas IV SD Negeri ............ Semester II Tahun Pelajaran .............
B. Saran dan Tindak Lanjut
1. Saran untuk Guru
a. Agar kinerja dalam proses pembelajaran yang dikelola lebih baik maka guru harus dapat menguasai materi pelajaran dan memvariasi metode serta model pembelajaran.
b. Agar guru percaya diri maka guru harus lebih mempersiapkan program dan rencana pembelajaran.
c. Agar guru memiliki wawasan terutama dalam hal mengajar maka guru harus selalu mengadakan tukar pikiran dengan teman seprofesinya.
d. Agar pembelajaran lebih berkualitas maka kinerja guru lebih ditingkatkan.
2. Saran untuk Siswa
a. Agar kesungguhan siswa dalam belajar meningkat, maka siswa harus selalu diberi motivasi.
b. Agar kerjasama belajar siswa meningkat, maka siswa harus selalu belajar kelompok.
c. Agar keaktifan belajar siswa meningkat, maka siswa lebih dilibatkan dalam proses pembelajaran baik secara individu maupun klasikal.
d. Agar hasil belajar siswa meningkat, maka kesungguhan belajar, kerjasama, dan keaktifan dalam belajar harus ditingkatkan.
3. Saran Untuk Sekolah
a. Agar sumber daya manusia meningkat, dan citra sekolah menjadi lebih baik, maka kinerja guru harus lebih diperbaiki dan ditingkatkan.
b. Agar mutu pendidikan dapat meningkat sehingga masyarakat lebih percaya, maka prestasi belajar siswa lebih ditingkatkan.
c. Agar dapat menjadi tauladan bagi sekolah lain, maka sekolah harus lebih meningkatkan mutu pendidikan.
4. Saran untuk penelitian lebih lanjut
Munculnya variabel ekstra yang tidak terkontrol mumgkin berpengaruh terhadap validitas hasil, yakni:
a. Keberhasilan yang dicapai dapat saja bukan hanya didapat dari intervensi yang dilakukan, tetapi mungkin karena adanya proses pembelajaran yang diulang-ulang dari siklus ke siklus. Seyogyanya kontribusi dari variabel ekstra ini dapat diminimalkan.
b. Dalam menilai tentang peran intervensi yang dilakukan terhadap kemudahan siswa dalam memahami materi, hanya dilakukan berdasarkan sampel, sebaiknya seluruh siswa diminta komentar dan pendapatnya.
c. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini masih merupakan instrument yang tingkat validasinya belum memuaskan. Penelitian berikutnya dapat mencoba dengan lebih standar.
Selanjutnya daftar pustaka: Contoh Daftar Pustaka PTK IPA SD Metode Demonstrasi Kenaikan Pangkat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Bagi yang berminat Contoh PTK Kenaikan Pangkat lengkap dengan lampirannya, silahkan SMS ke 081328239660